Minggu, 12 November 2017

PERAN PENUH SBH di HKN ke-53

Kalibakung - Pagi itu jam 7 di WKJ (Wisata Kesehatan Jamu) Kalibakung terdengar lantunan lagu yang tak asing lagi di telinga, hentakannya membuat ingin bergoyang. Itulah lagu Gemu Famire yang terkenal dengan gerakan senamnya. Di depan sana sumber suara itu, sound system dengan panggung ukuran 4x6 dan terlihat anak-anak memakai kaos hijau memimpin ratusan orang pagi itu untuk bersenam.

 

 






















 



Siapakah instruktur senam pagi itu? Rupanya anak-anak usia ABG dengan kaos bertuliskan Pasukan Pemantau Jentik Saka Bakti Husada. Ya, mereka anak SBH pangkalan Bojong!

Setelah 2 putaran senam “Gemu Famire”, giliran anak SBH pangkalan Jatinegara memimpin senam Pramuka selama 15 menit, dilanjut anak SBH pangkalan Kambangan dengan senam “kewer-kewer” dan ditutup dengan senam “Cerdik”dipimpin langsung oleh kakak kakak instruktur SBH.

Itulah awal dari rangkaian acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal pada Minggu (12/11) yang melibatkan 110 anak SBH terdiri dari anggota SBH pangkalan Jatinegara 30 anak, Margasari 10 anak, Kesambi 10 anak, adiwerna 10 anak, Lebaksiu dan Kambangan 10 anak, Kupu 10 anak, Dukuhturi 10 anak, Bojong 10 anak, dan Bumijawa 10 anak.

Diawali dengan gerak dan peluh sebagai wujud nyata dari GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) acara tersebut dilanjutkan dengan pelepasan 100 balon ke udara oleh para pejabat yang diiringi sirine dan tepuk tangan meriah sebagai tanda dibukanya secara resmi acara tersebut.

Berbagai lomba kebersamaan yang penuh kreasi, semangat, unik bahkan gelak tawa diikuti semua peserta mulai dari Lomba senam lansia, Lomba Yel-Yel antar pangkalan SBH, lomba memasukan belut dalam botol, lomba memasukkan bolpen dalam botol, lomba menggiring balon dengan terong terikat, lomba pentung plastik, dan lomba memasak nasi goreng untuk bapak-bapak.

Instruktur SBH pangkalan Puskesmas diturunkan untuk menjadi koordinator hampir semua lomba tersebut, mereka dibantu anak-anak anggota SBH. “Tujuannya untuk kebersamaan dan semangat” papar dr. Meliansyori, ketua panitia HKN.

Pin. Saka Bakti Husada, dr. Titien Widyaningsih menjelaskan “Tiap tahun anak-anak SBH kita libatkan dalam peringatan HKN”. Mereka berperan penuh dari mulai membantu Panitia, mengisi acara, menjadi peserta, sampai dengan membersihkan lokasi acara.

Hadir pula pembina Kwarcab Kak dr. Bimo Bayu Aji, senior yang juga perintis SBH Kabupaten Tegal terlibat langsung menjadi juri lomba Yel-Yel SBH. “Tiap tahun acara HKN selalu tambah ramai dengan hadirnya anak-anak SBH, energi ini membuat saya merasa muda kembali, hehe” paparnya dengan senyum.

Peserta yang hadir pun mewakili semua organisasi profesi kesehatan, instansi kesehatan seperti Puskesmas dan Rumah Sakit, institusi pendidikan kesehatan, dan lembaga-lembaga lain yang berperan dalam memajukkan kesehatan Kabupaten Tegal.


Kadinkes, dr. Hendadi Setiaji, M.Kes menjelaskan bahwa tema HKN kali ini adalah “Sehat keluargaku ,Sehat Indonesiaku” dengan harapan Indonesia akan sehat jika kita fokus untuk mensehatkan keluarga kita masing-masing dulu dengan GERMAS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar