Sabtu, 15 Juli 2017

Pramuka SBH dukung GERMAS

Seragam cokelat menghiasi Trasa dari senam pagi sampai makan buah dan sayur. Pemandangan ini ada di acara Kampanye GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Trasa (Taman Rakyat Slawi) Kamis, 13 Juli 2017.

Sejumlah 50 pramuka dari beberapa pangkalan SBH Puskesmas diundang untuk meramaikan acara tersebut. "Pramuka sebagai praja harus memberi contoh kepada masyarakat apa itu gerakan masyarakat hidup sehat" papar Ka.Kwarcab sekaligus Sekda Kab. Tegal, dr. Widodo Joko Mulyono, M.Kes, MM dalam sambutannya di acara tersebut.

Kadinkes dr. Hendadi Setiaji, M.Kes mengapresiasi semangat adik-adik pramuka SBH dalam acara tersebut. Acara yang dihadiri total 500 undangan tersebut melibatkan berbagai Dinas lintas sektor terkait, LSM, Tokoh Masyarakat, Kader, CSR, dan berbagai elemen masyarakat. "Ini program Nasional yang kita implementasikan sampai ke bawah, masyarakat harus bergerak" imbuhnya.

 





  


 



 




  



SEKILAS APA ITU GERMAS?


GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

TUJUAN UMUM :

(a) menurunkan beban penyakit
(b) menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan;
(c) meningkatkan produktivitas penduduk; dan
(d) menekan peningkatan beban fnansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan.

TUJUAN KHUSUS
Tujuan khusus Germas adalah untuk menurunkan resiko utama penyakit menular dan tidak menular terutama melalui:
1. Intervensi gizi 1000 hari pertama kehidupan
2. Memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang seluruh keluarga
3. Meningkatkan aktiftas fsik teratur dan terukur
4. Meningkatkan pola hidup sehat
5. Meningkatkan lingkungan sehat
6. Mengurangi konsumsi rokok dan alkohol

Fokus 2016-2017 :
1. Melakukan aktivitas fsik
2. Konsumsi sayur dan buah
3. Memeriksa kesehatan secara rutin
Seluruh lapisan masyarakat harus terlibat dalam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
1. Pemerintah Pusat dan Daerah membuat kebijakan yang berwawasan kesehatan, mensosialisasikan ke jajarannya sekaligus melaksanakannya
2. Di lingkup Akademisis, Dunia Usaha dan Organisasi Masyarakat harus dilibatkan untuk mensosialisasikan di lingkungannya dan jaringannya masingmasing serta melaksanakannya.
3. Sedangkan Individu, Keluarga dan Masyarakat, menerapkan Germas dengan berperilaku hidup sehat

MAKNA LOGO GERMAS
a. Bentuk logo menggambarkan masyarakat indonesia yang memiliki hidup sehat melalui aktivitas fsik serta deteksi dini penyakit.
b. Logo menggunakan konsep pita yang bersambung dengan 4 warna yang berbeda, menggambarkan kerjasama serta komitmen kementerian/lembaga, dunia usaha, organisasi Masyarakat dan akademisi dalam menciptakan masyarakat sehat.
c. Warna-warna yang dipergunakan pada logo mencerminkan warna-warna dari beberapa makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran yang dapat dikonsumsi sebagai salah satu cara untuk wujudkan hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar