Kamis, 04 Januari 2018

Antusias SBH gelar WORKSHOP MENULIS

Keterampilan menulis sebagai pengembangan budaya Literasi organisasi sangat dibutuhkan untuk membentuk semangat positif berorganisasi dengan berita, opini, ataupun visi misi dari organisasi tersebut. Untuk itu SBH akan menggelar sebuah workshop menulis yang menargetkan pegiat-pegiat pramuka seperti pamong SBH, instruktur SBH di Puskesmas ataupun masyarakat umum untuk lancar menulis.

 



Workshop ini akan digelar Selasa, 16 Januari 2018 di Ruang Rapat Nusantara Gdg Amartha Lt.2 Setda Kab. Tegal selama 6 jam dengan narasumber yang berkompeten dalam hal menulis. Workshop menulis ini mendapat dukungan dari berbagai pihak.


Ditemui di sela kantor kerjanya di PMI, dr. Titien selaku Pin.SBH mendukung penuh acara ini. Acara ini akan memberikan wawasan penting tentang fungsi kehumasan. "Fungsi Humas penting, PMI Kab. Tegal juga punya website sendiri, apalagi pramuka, harus maju". Peran Humas akan dijelaskan nanti di workshop oleh narsumber yaitu Kak Nurkhasan selaku Humas Kwarcab yang sudah sangat berperan dalam pemberitaan mengenai dunia Pramuka Kwarcab hingga Humas Kwarcab berkali-kali mendapatkan penghargaan dari Kwarda Jateng.

Workshop ini sangat spesial karena salah satu narasumbernya ada dr. Bimo Bayu Aji, senior, pembina Kwarcab, menjadi wartawan sejak kuliah kedokteran, aktivis PMI dan Pramuka yang akan berbagi ilmu tentang foto/gambar yang bernilai berita, dan tentunya cerita karya-karyanya yang sangat inspiratif.

 

Kadinkes dr. Hendadi Setiaji, M.Kes selaku Ka. Mabi SBH langsung memberi rekomendasi dan dukungan acara workshop menulis ini. "Tidak hanya pramuka SBH, saya ingin semua jajaran kesehatan maju dalam fungsi kehumasan" paparanya di temui di ruang rapatnya. Maka dari itulah acara ini juga dibuka tidak hanya untuk pegiat pramuka saja, namun untuk umum dan pelajar yang ingin mengembangkan kemampuan menulisnya, menulis apapun. "InsyaAllah saya akan hadir membuka acara ini" tuturnya.

Semua organisasi profesi kesehatan, intitusi pendidikan kesehatan, unit-unit pelayanan kesehatan , UPTD kesehatan penting sekali untuk mengikuti acara ini. Semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) diberi website untuk mengembangkan informasi di era keterbukaan informasi publik. Fungsi ini bisa optimal jika jajaran kesehatan tahu, mau, dan mampu untuk menulis.


Tak lupa dukungan datang juga dari Kak Septi Kusuma Putri, Ketua DKC (Dewan Kerja Cabang) saat ditemui di Sanggar Kwarcab "Semangat untuk berkarya, terima kasih banyak supportnya terlebih sudah menghidupkan, memperjuangkan Saka Bakti Husada kab. Tegal". 


 

Kasie Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Kab. Tegal, Eko BP Prabowo, SKM langsung memberi respon "Saya orang yang pertama mendaftar workshop tersebut". Keinginannya dipicu dengan banyaknya masyarakat yang berhak mendapatkan informasi tentang pelayanan pemerintah., seperti kemarin adanya berita tentang merebaknya kasus dipteri di Indonesia yang membuat masyarakat cemas. Kebutuhan informasi itu bisa terlayani tentunya jika kita pintar menulis. 

Hajar Adhayanti, seorang Magister Management Pariwisata, pemerhati dunia wisata sekaligus dosen Poltek Harapan Bersama Kota Tegal sangat menanti adanya workshop semacam ini. "Ini yang saya tunggu-tunggu, saya ingin sekali membuat buku tentang Semedo yang potensi wisatanya besar sekali". 

Workshop ini direncanakan akan mendatangkan juga Kak Sutono-Adiwerna, seorang penulis puluhan cerpen dan novel sekaligus Ketua Forum Lingkar Pena Tegal. Jadi sangat tepat diikuti oleh para penggemar menulis yang ingin membuat buku dan ingin tahu bagaimana proses membuat buku sampai bisa diterbitkan.

Demikian juga dengan Kak Slamet, SKM selaku Kasie Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. tegal yang mendukung penuh acara ini. "Ini acara senyawa dengan tupoksi Promkes, semua Promkes Puskesmas harus ikut acara ini" sahutnya.


  

   

Setelah workshop ini, Kak Amin Masykur, sekretaris SBH akan membuka pintu seluas-luasnya bagi semua jajaran kesehatan yang akan menulis artikel di web resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. Demikian pula Humas Kwarcab, Humas Setda, media Radar online juga membuka diri bagi semua peserta workshop jika ingin tulisannya dimuat di media. Jadi, tunggu apalagi, ayo daftar sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar