Selasa, 23 Januari 2018

Kehumasan Saka Bakti Husada


Setiap Pramuka adalah Kantor Berita


"Setiap Pramuka adalah kantor berita. Maksudnya, setiap Pramuka dengan telepon genggamnya mampu mempromosikan potensi daerahnya seperti pariwisata, produk lokal, pasar tradisional, kuliner, budaya, sosok yang menginspirasi, komunitas, kegiatan Pramuka, permainan tradisional, dan kondisi sosial,” terang Kak Adhyaksa dalam beberapa kesempatan. Dia menjelaskan bahwa potensi anggota Gerakan Pramuka yang besar ini harus dimaksimalkan di internet. 

"Kantor berita" yang dimaksud adalah peran inti dalam hal kehumasan pramuka. Humas (hubungan masyarakat) adalah Seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik, sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi. 

Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan bahwa “ Praktisi kehumasan tidak sebatas mengelola informasi, melainkan ikut membangun narasi-narasi yang menarik hati, bermakna, berkarakter dan memuat nilai-nilai." Beliau juga menyarankan untuk menggunakan cara-cara baru dalam menyampaikan informasi, tinggalkan pola-pola lama. Memanfaatkan kanal-kanal media sosial populer.

Fungsi kehumasan Pramuka ini diatur dalam SK Kwarnas 299/2007. Humas pramuka berfungsi untuk menjalin hubungan kondisuf- produktif & komunikasi timbal balik, saling percaya dan terus menerus, serta menjadi sumber informasi managemen.

Tak ketinggalan pula Saka Bakti Husada (SBH) sebagai satuan karya dari gerakan pramuka ikut berperan dalam fungsi humas pramuka. Informasi yang penting dan baik yang bermanfaat mengenai dunia kesehatan khususnya, perlu untuk disebarluaskan agar masyarakat menerima, peduli dan mendukung program kesehatan.

Belum lama ini SBH Kwartir Cabang Tegal mengadakan workshop menulis sebagai langkah awal untuk mendayagunakan fungsi humas tersebut. Fungsi kehumasan pramuka itu tentunya membutuhkan minat literasi (baca tulis), kemampuan Komunikasi Personal Baik, Membuat Riset, Negosiasi, Kreatif Kelengkapan, Mampu Memfasilitasi, dan Problem Solving.





@Johan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar